Batik

Posted by Unknown on 21.06 with No comments
BATIK


Batik tulis merupakan seni budaya peninggalan dari nenek moyang masyarakat indonesia, tak terkecuali di Pacitan sudah seabad lalu berkembang di Lorok dan Pacitan. Beberapa produk klasik seperti motif parang, sido luhur sidomulyo, rujak sente serta sejenis gsik yokyakarta dan solo.









Saat ini industri kerajinan batik tulis ini berkembang di sentra industri yang terletak di desa Arjowinangun , desa Sukoharjo, Kelurahan sidoarjo kecamatan pacitan dan desa cokrokembang desa wonodadi kulon, desa bogoharjo, desa tanjungpuro, kecamatan ngadirojo serta di kecamatan sudimoro.

pendekatan pewarnaan mengalami perkembangan yang cukup variatif, tidak hanya dengan bahan kimia, pengembangan produk batik pacitan diarahkan dengan bahan pewarnaan yang lebih ramah lingkungan dari tumbuhan atau batik pewarnaan alam.



Untuk mempromosikan batik khas lokal terus diupayakan dengan beberapa cara antara lain dengan mendaftarkan hak paten dan hak cipta, promosi skala nasional dan regional , lomba desain batik khas daerah, fashion show dengan berbagai kategori dengan ciri khas batik "PACE" yang dipadukan dengan produk aksesoris lokal secara kontinyu/setiap tahun.





Categories: ,